Sabtu, 27 November 2010

Metamorfosis oleh Ihat Solihat

Sahabat....
Sudah manginjak minggu keempat, kita menapakan kaki di Pps ini, banyak hal yang kita kaji dan kita pelajari, baik dari dosen, buku atau dari sesama teman. Kita juga semakin menyadari bahwa selama ini kita bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa. Melalui pembelajaran di PPS ini, kita digodok menjadi insan-insan baru yang lebih bisa menghayati arti kehidupan,menghayati peran dan fungsi kita sebagai manusia,baik sebagai "abd" maupun sebagai "khalifah".
Sahabat.....
Seekor ulat - yang menjijikan - akan berubah menjadi kupu-kupu nan indah berjuta warna melalui proses metamorfosis yang dilaluinya. Kita juga menginginkan hal serupa menimpa kita, kita yang selama ini bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa menjadi insan-insan yang lebih..di hadapan-Nya. Sepertinya muluk-muluk atau 'tamanni', tapi menginginkan sesuatu yang positif, jauh lebih baik daripada pesimis atau bahkan putus asa bukan ?
Sahabat....
Metamorfosis yang kita lalui tidak akan sempurna, apabila struktur yang hendak kita ubah tidak dibarengi dengan perubahan kultur. Kultur yang selama ini membelenggu sebagian besar dari kita, misalnya malas, apriori terhadap perubahan yang ada, tidak sensitif dan sebagainya.
Sahabat....
Tulisan mudah-mudahan menjadi inspirasi untuk kita semua, untuk kita yang menghendaki perubahan ke arah yang lebih baik, dan lebih baik lagi...Semoga....

2 komentar:

  1. Memang betul, daur hidup kita adalah metamorfosa. Jangan alergi dengan perubahan yang ada. Karena tidak ada sesuatupun yang tidak berubah, kecuali perubahan itu sendiri! Kalau kita tidak toleran dengan perubahan-perubahan, maka kita hanya akan menjadi ulat-ulat yang gagal, menjijikan, tidak dipandang sebelah mata. Sementara misi Al-Qur'an adalah perubahan, dari tatanan jahili kepada tatanan Islami dan untuk itu,perlu agen-agen perubah yang siap total dan fokus bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja ikhlas demi terbangunnya misi besar ini.
    Jangan menunjuk siapa-siapa, jadilah kita agent of change itu!

    BalasHapus
  2. biar agent of change semakin banyak, maka semua yang compfortable di bidangnya dan punya otoritas keilmuan silahkan bisa berbagi. bagi yang belum bisa silahkan kirim ke email berikut ini!
    olehruhyana@yahoo.co.id ( tuliskan permintaan anda Jazakallah khairan kasiran)

    BalasHapus